Bintang | Januari-Maret 2020

Rahmania Astrini: Timbal Balik Alam

Cara sederhana menjaga dan menyelamatkan lingkungan, menurut Rahmania Astrini, adalah dengan tertib membuang sampah ke tempatnya, untuk diangkut dan diolah menjadi produk lain yang bisa dimanfaatkan kembali.

Rifky Fauzan

Mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB

BANJIR, longsor, dan bencana alam lain yang kian sering terjadi hari-hari ini, menurut Rahmania Astrini, akibat perubahan iklim yang membuat bumi memanas sehingga mengubah arah musim. Semua kejadian itu, menurut Penyanyi Solo R&B Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2019 ini, adalah respons alam terhadap cara manusia berhubungan dengan alam. “Salah satu akibat kita sembarangan buang sampah dan konsumtif memakai plastik,” kata dara kelahiran Amerika Serikat 18 tahun lalu itu.

Karena itu, menurut Astri, cara sederhana menjaga dan menyelamatkan lingkungan adalah dengan tertib membuang sampah ke tempatnya, untuk diangkut dan diolah menjadi produk lain yang bisa dimanfaatkan kembali. Ia ingin cara ini ditiru oleh para penggemarnya di mana pun sehingga lingkungan menjadi terjaga dan manusia terhindar dari bencana. “Sebaiknya kita lebih peduli kepada lingkungan,” katanya. “Ketahui dampak- dampak apa saja yang terjadi ketika kita tidak merawat lingkungan dan hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan mencegahnya di lingkungan sendiri.”

Astri mengingatkan bahwa lingkungan adalah tempat tinggal manusia sehingga jika ia rusak karena ulah kita, manusia pula yang terkena imbasnya. Untuk lebih mendorong keterlibatan anak muda peduli terhadap alam, Astri berencana membuat album dengan tema semesta. “Bahkan terjun langsung sebagai volunteer memperbaiki lingkungan,” kata dia.

Rahmania Astrini (IG: @rahmaniaastrini)

Daftarkan alamat email anda untuk berlangganan GRATIS artikel terbaru kami

Bagikan

Komentar

Artikel Lain