Bintang | Januari-Maret 2019

Rieka Roslan: Kampanye Menanam

Sudah seharusnya figur publik dilibatkan dan berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan seperti, misalnya, menjadi Duta Lingkungan Hidup. “Tapi durasinya jangan terlalu lama, biar lebih banyak publik figur lagi yang bisa terlibat, misalnya 3 bulanan diganti,” katanya

Rina Kristanti

Penjelajah bentang alam dan voluntir pelestarian lingkungan.

IA sangat bersyukur pernah tinggal di Gili Meno, satu dari tiga Kepulauan Gili di barat laut Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rieka tinggal di sana dari tahun 2002 hingga 2007 selepas keluar dari band jazz kenamaan, The Groove. “Saat saya tinggal di sana belum masuk listrik, jadi masih bisa lihat bintang jatuh kalau malam,” kata dia kepada Rina Kristanti dari Forest Digest. Kondisi yang masih alami tersebut banyak menginspirasi album ketiganya yang berjudul Mata Ketiga.

Selama di Gili Meno, selain menulis lagu, Rieka juga aktif mengajak masyarakat sekitar yang mayoritas turis asing untuk menanami lingkungan tempat tinggalnya dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Penyanyi 49 tahun ini selalu memilah sampah rumah tangganya, memisahkan sampah plastik dengan sampah lain.

Menurut penyanyi ini memang sudah seharusnya figur publik dilibatkan dan berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan seperti misalnya menjadi Duta Lingkungan Hidup. “Tapi seharusnya durasinya jangan terlalu lama, biar lebih banyak publik figur lagi yang bisa terlibat, misalnya 3 bulanan diganti,” katanya. Boleh juga. Layak dicoba!

Daftarkan alamat email anda untuk berlangganan GRATIS artikel terbaru kami

Bagikan

Komentar

Artikel Lain