Untuk bumi yang lestari

Surat|Oktober-Desember 2020

Makin Digital

Forest Digest ingin memberikan ruang diskusi yang sehat bagi pembangunan lingkungan dan kehutanan dengan menyediakan referensi yang luas dan terverifikasi.

INTERNET telah mengubah cara hidup kita. Dengan gawai yang kian memudahkan hal-ihwal, segala hal terpaksa tunduk mengikuti tren digital. Termasuk cara kita mendapatkan dan mengonsumsi informasi. Kita bisa memamah sebuah berita sejenak setelah peristiwanya terjadi, yang berhamburan melalui dunia maya. Kita tinggal menyaring dan memilahnya. Bahkan tiap-tiap orang kini bisa menjadi sumber berita.

Jika dulu berita butuh jeda untuk sampai ke tangan pembaca, kini informasi tersalurkan secepat kilat. Platform-platform digital memudahkan kita mencerna informasi karena adagium yang berlaku di kalangan pengelola media kini adalah menyuguhkan “makanan cepat saji yang siap santap”. Tanpa memakai jurus ini, pengelola media akan ditinggalkan, bahkan dicampakkan pembaca, karena tak mengikuti arus tren yang sedang berkembang.

Forest Digest tak ketinggalan dengan euforia itu. Kini Anda, pembaca, bisa membaca majalah ini dengan lebih mudah. Forest Digest telah tersedia secara digital di aplikasi Gramedia. Anda bisa mengunduh aplikasinya di AppStore maupun PlayStore lalu menjumpainya dengan kata kunci “Forest Digest” di kolom pencarian aplikasi itu.

Adalah pandemi virus corona covid-19 yang membuat kami kian sadar bahwa komunikasi secara maya kini menjadi kebutuhan tak terhindarkan. Kami sudah menyiapkan infrastruktur digital sebelum pandemi. Virus corona membuat persiapan itu dipercepat karena majalah fisik yang tersedia di toko kini tak bisa diakses lagi.

Pandemi yang mengharuskan distansi sosial membuat toko tutup dan kita tak leluasa bepergian mengunjungi pusat belanja. Menyediakan majalah di platform digital, karena itu, bukan lagi sebuah pilihan. Tapi keharusan.

Selain di aplikasi Gramedia, dan aplikasi lain yang menyediakan dokumen maya (soft file), majalah ini kini juga bisa diakses melalui web forestdigest.com. Anda tak perlu menunggu tiga bulan untuk mendapatkan berkas digitalnya, baik versi pdf maupun web, sebagaimana selama ini Anda mendapatkannya. Tiap edisi majalah akan langsung tersedia di web tiap terbit.

Dengan cara ini, konten majalah versi cetak langsung bisa dibaca sehingga aktualitas beritanya tetap terjaga. Kami memang tak mengikuti arus media massa lain di Indonesia dengan menyediakan berita cepat yang lekang oleh waktu. Artikel-artikel di Forest Digest sejak awal didesain untuk memberikan perspektif yang ajek melalui tulisan panjang atau analisis para pakar tentang sebuah masalah. Sehingga “makanan cepat saji” itu pun tetap bergizi karena tak menyediakan kolesterol informasi yang berlebihan.

Sesuai cita-cita majalah ini sejak didirikan, Forest Digest ingin memberikan ruang diskusi yang sehat bagi pembangunan lingkungan dan kehutanan dengan menyediakan referensi yang luas dan terverifikasi. Di tengah ancaman pemanasan global saat ini, perspektif yang ajek menjadi keniscayaan agar kita tak keliru dalam melihat sebuah persoalan. 

Di tengah tsunami informasi, perspektif yang guyah akan mempengaruhi cara pandang yang berakibat pada kesalahan-kesalahan mengambil tindakan. Forest Digest ingin turut serta dalam percaturan wacana itu sehingga percakapan tentang kebijakan mengelola hutan dan lingkungan lebih terbuka dan mendorong publik menyumbangkan pendapatnya.

Kami percaya, di alam demokrasi, tak ada satu pihak pun yang berhak memonopoli kehendak yang berkaitan dengan kepentingan publik. Hutan dan lingkungan menyimpan kepentingan publik yang besar karena ia menjadi penopang hidup tiap-tiap orang. Hutan harus menjadi barang publik yang kebijakannya mesti lahir dari percakapan orang banyak. Apalagi di tengah pemanasan global yang menjadi ancaman planet ini.

Kita mesti mengubah cara-cara otoritatif dalam membuat kebijakan untuk kepentingan publik. Sesuai namanya, kata “publik” di sana menuntut keterlibatan semua orang dalam merumuskannya. Forest Digest hadir dengan cita-cita menjadi jembatan gagasan-gagasan masyarakat dengan rencana-rencana para pembuat kebijakan.

Melalui platform digital, cita-cita itu kian mudah diwujudkan. Untuk bumi yang lestari. Selamat berselancar!

Redaksi

Bagikan

Komentar

Artikel Lain