Kabar Rimbawan | April-Juni 2019

Kopi Oey Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB

Mereka juga diajari cara berbisnis kedai kopi.

Drajad Kurniadi

Rimbawan pemerhati ilmu kebijakan hutan

Kopi Oey Indonesia telah lima tahun menjalin kerja sama dengan Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan Indonesia (HAE-IPB) dalam wujud gerai Kopi Oey di Gedung Alumni IPB. Pada Februari 2019, HAE-IPB melakukan penandatanganan perpanjangan kontrak franchise dengan PT Kopitiam Indonesia untuk masa berlaku 2029.

Menandai kerja sama baru itu, HAE IPB menggelar Kopi Oey peduli berupa beasiswa untuk lima orang. Tiap mahasiswa akan mendapat Rp 300 ribu per bulan selama satu tahun. “Uangnya langsung ditransfer ke rekening Dekanat Fahutan,” kata Yulita Vitalis, pengelola Kopi Oey IPB pada 4 April 2019.

Lima mahasiswa tersebut dipilih oleh Dekanat karena prestasinya. Mereka adalah Imelda Sanatha, Eggy Nugraha, Suti Melinda, Revan Rismanda dan I Putu Wita Wardana.  Pemilihan ke-5 orang mahasiswa ini dilakukan setelah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Tim Dekanat Fahutan IPB.

HAE Peduli juga menggelar kursus singkat bisnis kopi dan praktik seduh kopi manual. Bekerja sama dengan tim pengajar dari Kopi Oey pusat, kelas singkat diikuti 20 orang mahasiswa IPB selama tiga jam.  Acara akan digelar tiap tiga bulan.

Mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB sedang belajar menyeduh kopi secara manual di Kopi Oey Gedung Alumni IPB di Bogor, 4 April 2019.

Para penerima beasiswa Kopi Oey berpose di depan kedai Kopi Oey Gedung Alumni IPB Bogor, 4 April 2019.

Materi kursus terbagi yaitu kelas teori tentang rencana bisnis kopi, pemilihan lokasi, hingga penyusunan bujet. Sementara kelas praktik seduh manual memakai V60 french press. Mereka juga diajari membedakan cita rasa kopi berdasarkan jenisnya dari arabika atau robusta.

Daftarkan alamat email anda untuk berlangganan GRATIS artikel terbaru kami

Bagikan

Komentar

Artikel Lain