Untuk bumi yang lestari

Kabar Baru|17 Februari 2021

Cara Mencegah Krisis Iklim

Bill Gates meluncurkan buku pertamanya tentang krisis iklim, How to Avoid a Climate Disaster. Ia mengajukan beberapa cara mencegah dampak krisis iklim yang bisa dilakukan oleh tiap orang.

KETIKA saya berbicara dengan banyak orang tentang perubahan iklim, saya hampir selalu mendapat pertanyaan sama: Apa yang bisa saya lakukan untuk membantu? Jadi, ketika saya menulis buku ini, How to Avoid a Climate Disaster, saya ingin memasukkan satu bab tentang tindakan apa yang bisa kita lakukan sebagai individu untuk membawa kita lebih dekat ke masa depan nol karbon.

Sudah menjadi sifat manusia ingin melakukan sesuatu ketika berhadapan dengan masalah—terutama problem sebesar perubahan iklim. Kabar baiknya adalah ada hal-hal yang dapat dilakukan setiap orang. Meskipun langkah paling berdampak yang bisa kita ambil untuk menghindari bencana iklim harus terjadi di tingkat pemerintah, Anda memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perubahan sebagai warga negara, konsumen, dan karyawan atau pemberi kerja.

Di bawah ini kutipan buku How to Avoid Climate Disaster yang mencakup kategori warga dan konsumen. Saya harap cuplikan ini memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana membantu memecahkan masalah yang mendesak ini. (Juga bermitra dengan saya melalui Breakthrough Energy, organisasi yang saya dirikan untuk mewujudkan ide-ide dalam buku ini menjadi kenyataan.)

Sebagai Warga Negara

Saat Anda bertanya pada diri sendiri apa yang bisa Anda lakukan untuk membatasi perubahan iklim, wajar jika Anda memikirkan hal-hal seperti mengendarai mobil listrik atau makan lebih sedikit daging. Tindakan pribadi semacam ini penting untuk sinyal yang dikirimkan ke pasar—‚Äčlihat bagian selanjutnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal itu—tetapi sebagian besar emisi kita berasal dari sistem yang lebih besar di tempat kita menjalani kehidupan sehari-hari.

Ketika seseorang ingin bersulang untuk sarapan, kita perlu memastikan ada sistem yang bisa mengirimkan roti, pemanggang, dan listrik untuk menjalankan pemanggang roti tanpa menambahkan gas rumah kaca ke atmosfer. Saya tidak akan menyelesaikan masalah iklim dengan memberi tahu orang-orang untuk tidak makan roti panggang. Tetapi menerapkan sistem energi baru yang membutuhkan tindakan politik bersama. Itulah mengapa terlibat dalam proses politik adalah langkah terpenting yang bisa diambil orang dari berbagai lapisan masyarakat untuk membantu menghindari bencana iklim.

Dalam pertemuan dengan politisi, saya menemukan bahwa ada baiknya mengingat perubahan iklim bukanlah satu-satunya hal yang ada di piring mereka. Para pemimpin pemerintah juga memikirkan tentang pendidikan, pekerjaan, perawatan kesehatan, kebijakan luar negeri, dan yang terbaru menangani covid-19. Semua hal itu menuntut perhatian mereka.

Pembuat kebijakan tak bisa menangani begitu banyak masalah sekaligus. Dan mereka memutuskan apa yang harus dilakukan, apa yang diprioritaskan, berdasarkan apa yang mereka dengar dari konstituen mereka.

Dengan kata lain, pejabat terpilih akan mengadopsi rencana khusus untuk perubahan iklim jika pemilih mereka menuntutnya. Terima kasih kepada para aktivis di seluruh dunia, saya tidak perlu meminta lagi: jutaan orang sudah menyerukan tindakan itu. Namun, yang perlu kita lakukan adalah menerjemahkan seruan untuk bertindak ini menjadi tekanan yang mendorong politisi membuat pilihan sulit dan pertukaran yang diperlukan untuk memenuhi janji mereka mengurangi emisi.

Apa pun sumber daya lain yang mungkin Anda miliki, Anda selalu bisa menggunakan suara Anda untuk melakukan perubahan. Menelepon, menulis surat, menghadiri rapat di balai kota. Apa yang bisa Anda bantu agar para pemimpin memahami sama pentingnya bagi mereka memikirkan masalah jangka panjang perubahan iklim seperti halnya mereka memikirkan pekerjaan atau pendidikan atau perawatan kesehatan.

Ini mungkin terdengar kuno, tetapi surat dan panggilan telepon ke pejabat terpilih bisa berdampak nyata. Senator dan perwakilan sering mendapatkan laporan tentang apa yang kantor mereka dengar dari konstituen. Namun jangan hanya berkata, "Lakukan sesuatu tentang perubahan iklim." Ketahui pendirian mereka, ajukan pertanyaan kepada mereka, dan jelaskan bahwa ini adalah masalah yang akan membantu menentukan cara Anda memilih. Menuntut lebih banyak dana untuk penelitian dan pengembangan energi bersih, standar energi bersih, atau harga karbon, misalnya. 

Lihat secara lokal maupun nasional. Banyak keputusan yang relevan dibuat di tingkat negara bagian dan lokal oleh gubernur, wali kota, badan legislatif negara bagian, dan dewan kota—tempat di mana setiap warga negara bisa memiliki dampak yang lebih besar daripada di tingkat federal. Di Amerika Serikat, misalnya, listrik diatur oleh komisi utilitas publik di seluruh negara bagian, yang terdiri dari komisaris terpilih atau ditunjuk. Ketahui siapa perwakilan Anda dan tetap berhubungan dengan mereka.

Mencalonkan diri untuk dipilih. Mencalonkan diri untuk Kongres AS adalah hal yang sulit. Tetapi Anda tidak harus mulai dari sana. Anda bisa mencalonkan diri untuk jabatan lokal atau negara bagian, di mana Anda mungkin akan memiliki pengaruh yang lebih besar. Kita membutuhkan semua kebijaksanaan, keberanian, dan kreativitas kebijakan di kantor publik yang bisa kita dapatkan.

Sebagai Konsumen 

Pasar diatur oleh penawaran dan permintaan, dan sebagai konsumen Anda bisa memiliki pengaruh besar pada sisi permintaan. Jika kita semua membuat perubahan individu dalam apa yang kita beli dan gunakan, itu bisa bertambah banyak—selama kita fokus pada perubahan yang bermakna. Misalnya, jika Anda mampu memasang termostat cerdas untuk mengurangi konsumsi energi saat Anda tidak di rumah, lakukan saja. Anda akan memotong tagihan utilitas dan emisi gas rumah kaca Anda.

Tetapi mengurangi emisi karbon Anda sendiri bukanlah hal terkuat yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mengirimkan sinyal ke pasar bahwa orang-orang menginginkan alternatif tanpa karbon dan bersedia membayarnya. Saat Anda membayar lebih untuk mobil listrik, pompa pemanas, atau burger nabati, Anda berkata, “Ada pasar untuk barang ini. Kami akan membelinya."

Jika cukup banyak orang mengirimkan sinyal yang sama, perusahaan akan merespons—menurut pengalaman saya cukup cepat. Mereka akan memakai lebih banyak uang dan waktu untuk membuat produk rendah emisi, yang akan menurunkan harga produk tersebut, yang akan membantu mereka diadopsi dalam jumlah besar. Ini akan membuat investor lebih percaya diri mendanai perusahaan baru yang membuat terobosan yang akan membantu kita mencapai nol emisi. 

Tanpa sinyal permintaan itu, inovasi yang diinvestasikan oleh pemerintah dan bisnis akan tetap ada. Atau mereka tidak akan berkembang sejak awal, karena tidak ada insentif ekonomi untuk membuatnya.

Berikut beberapa langkah spesifik yang bisa Anda lakukan:

Mendaftar untuk program harga ramah lingkungan untuk utilitas listrik Anda. Beberapa perusahaan utilitas mengizinkan rumah dan bisnis membayar ekstra untuk listrik dari sumber bersih. Di 13 negara bagian, utilitas diperlukan untuk menawarkan opsi ini. (Anda dapat melihat apakah negara bagian Anda melakukannya dengan memeriksa peta Program Penetapan Harga Ramah Lingkungan di C2ES—the Center for Climate and Energy Solutions) Pelanggan dalam program ini membayar premi pada tagihan listrik mereka untuk menutupi biaya tambahan energi terbarukan, rata-rata 1 hingga 2 sen per kilowatt-jam, atau US$ 9 hingga US$ 18 sebulan untuk rumah khas Amerika. Saat Anda berpartisipasi dalam program ini, Anda memberi tahu perusahaan utilitas bahwa Anda bersedia membayar lebih untuk mengatasi perubahan iklim. Itu adalah sinyal pasar yang penting.

Namun yang tidak dilakukan oleh program ini adalah menghilangkan emisi atau mengarah pada peningkatan yang berarti dalam jumlah daya terbarukan di jaringan. Hanya kebijakan pemerintah dan peningkatan investasi yang bisa melakukan itu.

Kurangi emisi rumah Anda. Bergantung pada seberapa banyak uang dan waktu yang bisa Anda sisihkan. Anda bisa mengganti bola lampu pijar dengan LED, memasang termostat cerdas, mengisolasi jendela, membeli peralatan yang efisien, atau mengganti sistem pemanas dan pendingin dengan pompa panas (selama Anda hidup dalam iklim di mana mereka dapat beroperasi). Jika menyewa rumah, Anda bisa membuat perubahan dalam kendali Anda—seperti mengganti bola lampu—dan mendorong pemilik rumah melakukan sisanya. Jika Anda membangun rumah baru atau merenovasi rumah lama, Anda bisa memilih baja daur ulang dan membuat rumah lebih efisien dengan menggunakan panel terisolasi, beton isolasi, penghalang cahaya loteng atau atap, isolasi reflektif, dan fondasi terisolasi.

Beli kendaraan listrik. Mobil listrik berkembang pesat dalam hal biaya dan performa. Meskipun mungkin tidak cocok untuk semua orang (tidak cocok untuk banyak perjalanan jarak jauh atau mengisi baterai di rumah tak nyaman untuk beberapa orang), harganya menjadi lebih terjangkau bagi banyak konsumen. Ini adalah salah satu tempat di mana perilaku konsumen dapat berdampak besar: jika orang membeli dalam jumlah banyak, perusahaan akan menghasilkan banyak.

Cobalah burger nabati. Saya akui burger vegetarian tidak selalu enak, tetapi generasi baru alternatif protein nabati lebih baik dan lebih dekat dengan rasa dan tekstur daging daripada pendahulunya. Anda bisa menemukannya di banyak restoran, toko bahan makanan, dan bahkan kedai makanan cepat saji. Membeli produk ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa membuatnya adalah investasi yang bijaksana. Selain itu, makan pengganti daging (atau tidak makan daging) hanya sekali atau dua kali seminggu akan mengurangi emisi yang menjadi tanggung jawab Anda. Hal yang sama berlaku untuk produk susu.

Saya memiliki jejak karbon yang lebih tinggi dari rata-rata, jadi saya mengambil langkah ekstra untuk melakukan bagian saya. Dalam buku ini, secara singkat saya tulis bagaimana saya mengimbangi emisi saya sendiri. Saya menghabiskan sekitar US$ 5 juta setiap tahun untuk mengimbangi jejak karbon keluarga saya. Saat ini, penghitungan standar untuk jejak karbon didasarkan pada perkiraan US$ 400 per ton emisi. Namun karena cara kita menghitung jejak karbon masih dalam tahap awal, saya mengambil jejak karbon keluarga dan menggandakannya untuk memastikan kami sepenuhnya menutupi jejak kami dan beberapa lainnya.

Saya acap menganggap investasi dalam teknologi nol karbon sebagai jenis penyeimbangan lain untuk emisi saya. Berinvestasi di perusahaan tidak membuat jejak karbon saya lebih kecil. Namun jika saya memilih pemenang, mereka akan bertanggung jawab untuk menghilangkan lebih banyak karbon daripada tanggung jawab saya untuk membuatnya. Saya telah memberikan lebih dari US$ 1 miliar untuk inovasi dan ide yang saya harap akan membantu dunia mencapai titik nol—termasuk energi bersih yang terjangkau dan bisa diandalkan, semen rendah emisi, baja, daging, dan banyak lagi.

Meskipun penghasil emisi berat seperti saya seharusnya menggunakan lebih sedikit energi, dunia secara keseluruhan harus memakai lebih banyak energi karena itu adalah elemen kunci untuk memindahkan negara-negara keluar dari kemiskinan dan memperluas ekonomi global kita. Tidak ada salahnya memakai lebih banyak energi asalkan bebas karbon. Kunci untuk mengatasi perubahan iklim adalah membuat energi bersih semurah dan andal seperti yang kita dapatkan dari bahan bakar fosil.

Artikel ini diterjemahkan secara bebas dari artikel Bill Gates di blognya untuk menjadi referensi cara-cara mencegah krisis iklim yang tak kenal batas negara.

Pendiri Microsoft dan Yayasan Bill and Melinda Gates

Bagikan

Komentar

Artikel Lain