Untuk bumi yang lestari

Laporan Utama|April-Juni 2020

Cuitan Seribu Burung Kolibri

Lebih dari satu tahun mereka turun ke jalan menuntut perubahan sistem mengelola sumber daya alam. Terinspirasi oleh Greta Thunberg dari Swedia, mereka menyerukan dunia lebih peduli pada nasib bumi. Tidak hanya rajin berdemonstrasi, para remaja ini juga melobi para pengambil keputusan di pemerintahan dan parlemen. Mereka tidak gentar meskipun sering dicaci dan menjadi sasaran kekerasan fisik maupun virtual. Mengapa anak-anak muda yang hidup di negara rendah polusi lebih cemas dengan masa depan bumi akibat pemanasan global? Laporan dari jantung markas gerakan mereka di Belgia, Swiss, dan Swedia.

DI bawah guyuran hujan dan angin musim dingin, ribuan demonstran tumpah ke jalan-jalan di Kota Brussels di Belgia pada Jumat, 6 Maret 2020. Mereka para remaja yang tak hanya warga negara itu, yang menjadi markas Komisi Uni Eropa, tapi datang dari pelbagai negara Eropa lain.

Di antara ribuan orang itu, terselip tubuh kecil seorang remaja berbalut jaket ungu. Rambut panjangnya yang ia kepang dua menyem....

Klik Login jika Anda pernah membeli artikel ini.
Dukung kami dengan menjadi Pelanggan melalui tombol Daftar dan Deposit.
 
 
 

Wartawan tinggal di Belgia

Bagikan

Komentar

Artikel Lain