Untuk bumi yang lestari

Kabar Baru| 03 Agustus 2022

Apa Itu Bioprospeksi

Konservasi tak hanya melindungi, juga memanfaatkan sumber daya alam. Bioprospeksi caranya.

APA itu bioprospeksi? Ia kini jadi jalan baru memanfaatkan sumber daya alam tanpa merusaknya. Bioprospeksi adalah cara yang cocok karena hutan hujan tropis Indonesia memiliki keragaman hayati yang kaya, tapi kita belum bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan ekonomi secara berkelanjutan. Pembangunan acap jadi momok konservasi karena dianggap merusak lingkungan. Benarkah konservasi tak boleh memanfaatkan alam dan lingkungan?

Kosta Rika telah lebih dulu mengolah bioprospeksi dan mendapatkan manfaat ekonomi yang besar dari sana. Profesor Hadi Alikodra, guru besar konservasi Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB, membedah masalah mengapa kita tertinggal oleh negara kecil di Amerika Tengah itu dalam hal konservasi dan memanfaatkan sumber daya alam yang berkelanjutan. Lalu ia mengajukan saran agar kita bisa memanfaatkan potensi besar bioprospeksi. Apa saja? Simak Fodcast atau Forest Digest Broadcast.

 

Ikuti perkembangan bioprospeksi di tautan ini

BERSAMA MELESTARIKAN BUMI

Ketika informasi makin marak, peristiwa-peristiwa tak lagi berjarak, jurnalisme kian penting untuk memberikan perspektif dan mendudukkan soal-soal. Forest Digest memproduksi berita dan analisis untuk memberikan perspektif di balik berita-berita tentang hutan dan lingkungan secara umum.

Redaksi bekerja secara voluntari karena sebagian besar adalah mahasiswa dan alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University yang bekerja di banyak profesi. Dengan visi "untuk bumi yang lestari" kami ingin mendorong pengelolaan hutan dan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Dukung kami mewujudkan visi dan misi itu dengan berdonasi atau berlangganan melalui deposit Rp 50.000.




Redaksi

Bagikan

Komentar



Artikel Lain