Untuk bumi yang lestari

Kabar Baru| 27 September 2023

Kerabat Liar Raspberry Asal Indonesia

Raspberry punya kerabat liar di Indonesia. Potensial menjadi tanaman obat.

Buah raspberry yang dibudidayakan (Foto: Imam Surya)

RASPBERRY dikenal sebagai buah dari luar negeri. Rupanya kerabat-kerabat buah raspberry ada di pegunungan-pegunungan Indonesia, berupa tanaman liar. Kerabat liar sebuah tanaman umumnya satu genus/marga namun berbeda jenis dengan tanaman yang telah dibudidayakan.

Raspberry termasuk ke dalam genus atau marga Rubus. Setidaknya ada 25 jenis kerabat liar buah raspberry yang tersebar di Indonesia. Sampai saat ini Kebun Raya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki lebih dari 13 jenis kerabat liar buah raspberry yang berasal dari hutan dan pegunungan di Indonesia.

Ketigabelas jenis tersebut meliputi Rubus acuminatissimus, Rubus alceifolius, Rubus alpestris, Rubus chrysophyllus, Rubus ellipticus, Rubus elongatus, Rubus fraxinifolius, Rubus lineatus, Rubus moluccanus, Rubus pyrifolius, Rubus rosifolius, Rubus sumatranus, dan Rubus sp. 

Secara umum jenis-jenis kerabat liar raspberry dapat kita temui di semua daerah kepulauan di Indonesia, dari dataran rendah hingga dataran tinggi seperti Rubus lineatus yang bisa tumbuh sampai ketinggian 3800 meter dari permukaan laut (mdpl). Selain itu, berdasarkan catatan terdapat beberapa jenis kerabat liar buah raspberry yang hanya ditemukan di satu pulau atau satu kawasan, seperti Rubus banghamii dan Rubus beccarii yang hanya ada di dataran tinggi Pulau Sumatera, kemudian Rubus calycius di Jawa Timur, serta Rubus benguetensis dan Rubus macgregorii di dataran tinggi Pulau Sulawesi.

Dalam sistem klasifikasi tumbuhan, buah raspberry termasuk dalam suku Rosaceae atau kelompok bunga mawar yang memiliki duri serta bermarga atau genus Rubus. Secara umum Rubus adalah perdu dan biasanya menjalar, merambat atau merayap, namun ada beberapa jenis yang tumbuh tegak atau herba. 

Dengan daun yang majemuk dan juga ada yang tunggal, jenis-jenis Rubus ini memiliki warna buah yang bervariasi, mulai dari kuning, oranye, merah, ungu hingga hitam. Bunga jenis-jenis Rubus Indonesia ini umumnya memiliki lima mahkota/petal dan lima kelopak bunga/sepal. Tumbuhan yang memiliki duri ini mampu berbuah sepanjang tahun di Indonesia. Perbanyakan jenis-jenis Rubus asal Indonesia ini, umumnya dengan cara vegetatif, generatif, maupun secara in vitro atau kultur jaringan. 

Pemanfaatan jenis-jenis Rubus sebagai tanaman buah telah dilakukan oleh beberapa negara seperti Australia, Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Inggris, Selandia Baru dan Serbia. Beberapa contoh jenis yang telah dibudidayakan di luar negeri adalah Rubus idaeus (dikenal dengan raspberry), Rubus fruticosus (blackberry), Rubus occidentalis (black raspberry), Rubus chamaemorus (cloudberry), Rubus ellipticus (yellow himalayan raspberry). 

Keanekaragaman jenis-jenis Rubus atau kerabat liar buah raspberry yang dimiliki Indonesia dapat dimanfaatkan dan dikembangkan lebih lanjut. Kebun Raya BRIN telah melakukan konservasi dan domestikasi jenis-jenis kerabat liar raspberry yang berasal dari hutan pegunungan Indonesia.

Berdasarkan pengkajian dan penelitian, kerabat liar raspberry yang ada di hutan dan pegunungan Indonesia memiliki kandungan senyawa dengan potensi yang sangat besar. Senyawa-senyawa tersebut, antara lain vitamin C, antioksidan, vitamin E, α glucosidase, flavonoid dan antimikroba. Selain sebagai tanaman buah, jenis-jenis kerabat liar yang berasal dari hutan pegunungan Indonesia memiliki potensi yang tinggi sebagai bahan baku industri, tanaman obat maupun tanaman hias. 

Saat ini pembudidayaan kerabat raspberry di Indonesia masih terbatas. Salah satu daerah yang membudidayakan kerabat raspberry ini adalah Kawasan Cibodas di Cianjur, Jawa Barat. Namun pembudidayaannya masih terbatas dan hanya pada satu jenis, yaitu Rubus fraxinifolius. Masyarakat Cibodas menyebutnya arben.

Keunggulan arben adalah warnanya yang merah menggiurkan, rasa manis serta pada tanaman dewasa yang memiliki tinggi 1-2 meter bisa berbuah sepanjang tahun. Faktor iklim dan lingkungan di Indonesia menyebabkan beberapa jenis kerabat raspberry tumbuh dengan baik serta berbuah sepanjang tahun.

Potensi dan keanekaragaman yang ada di hutan dan pegunungan menjadi modal dasar kita memanfaatkan dan mengembangkan kerabat liar raspberry.

Ikuti percakapan tentang keanekaragaman hayati di tautan ini

BERSAMA MELESTARIKAN BUMI

Ketika informasi makin marak, peristiwa-peristiwa tak lagi berjarak, jurnalisme kian penting untuk memberikan perspektif dan mendudukkan soal-soal. Forest Digest memproduksi berita dan analisis untuk memberikan perspektif di balik berita-berita tentang hutan dan lingkungan secara umum.

Redaksi bekerja secara voluntari karena sebagian besar adalah mahasiswa dan alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University yang bekerja di banyak profesi. Dengan visi "untuk bumi yang lestari" kami ingin mendorong pengelolaan hutan dan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Dukung kami mewujudkan visi dan misi itu dengan berdonasi atau berlangganan melalui deposit Rp 50.000.




Peneliti Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya, dan Kehutanan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Topik :

Translated by  

Bagikan

Komentar



Artikel Lain