Untuk bumi yang lestari

Kabar Baru| 07 September 2022

Denmark-Jakarta Kerja Sama Pengolahan Sampah RDF Plant

Pemerintah Denmark berkunjung ke TPST Bantargebang. Peluang kerja sama RDF Plant.

MENTERI Kerja Sama Pembangunan Denmark Flemming Møller Mortensen berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Merah Putih dan proyek Refuse Derived Fuel (RDF) Plant di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang Bekasi, Jawa Barat, pada 6 September 2022.

Dalam kunjungan itu, Flemming didampingi Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larson. Dari Indonesia ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, Asisten Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto.

Flemming mengatakan kedatangannya ke Indonesia bukan yang pertama kali. Tapi ia mengaku terkejut melihat tempat pembuangan sampah yang sangat luas di Bantargebang. "Kesan pertama saya ketika berada di helikopter di atas area ini, saya tidak pernah melihat tempat pembuangan sampah seperti ini. Area sangat luas yang penuh sampah," kata dia.

Flemming pun menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatasi sampah melalui pembangunan fasilitas pengolahan sampah landfill mining RDF Plant yang memakai teknologi terbaru pengolahan sampah. Menurut dia, pengelolaan limbah sangat penting dan Denmark siap berbagi semua teknologi yang sudah mereka gunakan.

"Saya telah melihat dan saya berbicara dengan orang-orang yang bekerja di sini dan juga para menteri yang bertanggung jawab di bidang ini," katanya. "Mudah-mudahan kita akan mengintegrasikan kerja sama yang sangat baik antara Indonesia dan Denmark, juga di pengolahan sampah ini. Kedutaan kami di Jakarta juga berkoordinasi intensif kerja sama antara kedua negara."

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan kunjungan pemerintah Denmark ke TPST Bantargebang untuk melihat langsung progres pembangunan RDF Plant dan landfill mining.


Baca liputan khusus Bantargebang:


Denmark merupakan salah satu negara yang memiliki pengolahan terbaik di dunia. Fasilitas yang mereka termasuk teknologi RDF, incinerator (pembakaran sampah), dan teknologi pemilahannya. Asep berharap Denmark tertarik berinvestasi dalam teknologi pengolahan sampah di Indonesia.

Isu utama yang diangkat dalam agenda G20 pada November 2022 mendatang adalah pengurangan emisi dan perubahan iklim. "Mudah-mudahan RDF bisa menjadi menunjukkan bahwa Jakarta serius menangani sampah di forum G20 nanti," kata Asep.

BERSAMA MELESTARIKAN BUMI

Ketika informasi makin marak, peristiwa-peristiwa tak lagi berjarak, jurnalisme kian penting untuk memberikan perspektif dan mendudukkan soal-soal. Forest Digest memproduksi berita dan analisis untuk memberikan perspektif di balik berita-berita tentang hutan dan lingkungan secara umum.

Redaksi bekerja secara voluntari karena sebagian besar adalah mahasiswa dan alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University yang bekerja di banyak profesi. Dengan visi "untuk bumi yang lestari" kami ingin mendorong pengelolaan hutan dan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Dukung kami mewujudkan visi dan misi itu dengan berdonasi atau berlangganan melalui deposit Rp 50.000.


Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University

Bagikan

Komentar



Artikel Lain