Untuk bumi yang lestari

Kabar Baru|07 Januari 2022

Banjir Sejumlah Daerah di Awal 2022

Banjir melanda sejumlah wilayah di awal tahun 2022. Banjir Jayapura mencapai tiga meter.

BENCANA hidrometeorologi terjadi di sejumlah wilayah. Banjir Jayapura di Papua, terjadi sejak 6 Januari 2022, akibat hujan lebat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan enam penduduk meninggal, 500 orang mengungsi, dan banyak penduduk yang masih terjebak banjir.

Selain banjir, di beberapa distrik juga terjadi longsor. Meski pada Jumat siang banjir mulai surut, listrik masih padam. Hujan ringan juga masih mengguyur Kota Jayapura.

BPBD Kota Jayapura melaporkan wilayah terdampak banjir berada di Kecamatan Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami.

Pantauan di lapangan, tinggi muka air saat banjir berlangsung sekitar 150-200 sentimeter. Pada beberapa wilayah, seperti Pasar Yotefa Abepura, tinggi banjir mencapai tiga meter.

Sejumlah fasilitas umum terendam seperti Rumah Sakit Aryoko, Kantor Gubernur Papua, serta ratusan rumah penduduk. BPBD Kota Jayapura mengerahkan tiga perahu karet dan satu truk serbaguna untuk mengevakuasi penduduk.

Bila melihat peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, wilayah kota dan kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Nabire masih berpotensi hujat lebat disertai kilat dan angin kencang. Potensi hujan lebat berlangsung hingga 9 Januari 2022.

BMKG dan BNPB memperingatkan potensi dan ancaman bencana hidrometeorologi yang terjadi akibat krisis iklim, seperti banjir, banjir bandang, cuaca ekstrem, angin kencang dan badai di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain Jayapura, beberapa wilayah di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam juga dikepung banjir. Berdasarkan catatan BNPB per 4 Januari 2022, jumlah pengungsi dari Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 9.459 jiwa, Kabupaten Aceh Utara ada 31.691 jiwa, dan Kabupaten Langsa sebanyak 6.513 jiwa.

“Korban meninggal sebanyak tiga orang berasal dari Kabupaten Aceh Utara,” kata Kepala Pusat Data, Komunikasi, dan Informasi (Pusdatin) BNPB Abdul Muhari seperti dikutip Tempo pada 5 Januari.

Selain Aceh, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, juga dilanda banjir pada 4 Januari akibat hujan lebat yang disertai angin kencang. Tinggi muka air berkisar 30 hingga 100 sentimeter, sebanyak 114 rumah terendam.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami bencana iklim untuk waspada. Banjir Jayapura menjadi bukti bencana iklim menimpa siapa saja ke arah siapa saja.

BERSAMA MELESTARIKAN BUMI

Ketika informasi makin marak, peristiwa-peristiwa tak lagi berjarak, jurnalisme kian penting untuk memberikan perspektif dan mendudukkan soal-soal. Forest Digest memproduksi berita dan analisis untuk memberikan perspektif di balik berita-berita tentang hutan dan lingkungan secara umum.

Redaksi bekerja secara voluntari karena sebagian besar adalah mahasiswa dan alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University yang bekerja di banyak profesi. Dengan visi "untuk bumi yang lestari" kami ingin mendorong pengelolaan hutan dan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Dukung kami mewujudkan visi dan misi itu dengan berdonasi atau berlangganan melalui deposit Rp 50.000.


Redaksi

Bagikan

Komentar

Artikel Lain